Selasa, 24 Januari 2012

Johan Asmara (Bab 1)


Bab Ngawur I: Suatu Ketika

Ini mengagetkan bagi Jo, Johan Sibertus, lelaki 37 tahun, bujang.Sangat mengagetkan. Dia ternyata berani mengurung dirinya sendiri didalam kamar. Dia telah merasa dirinya ditolak oleh gadis yang dia sukai, yang hatinya bisa cenat-cenut kalau jumpa. Bagi Jo ini sangat tidak dia menyangka akan jadi begini. Jo yang merasa dirinya ganteng, tampan dan beribawa. Jo yang merasa dirinya shalih dan berakhlak mulia. Jo yang merasa dia adalah kaya dan dermawan. Jadi Jo sangat merasa mana mungkin ada gadis yang tega menolaknya? Bukankah dia merasa dirinya sempurna? Pasti ada orang ketiga yang menghalanginya mendapatkan gadis itu, Agnis Nomica, 23 tahun. Pasti ada yang menjelek-jelekkan namanya di depan Agnis Nomica, sehingga apa? Tentu sehingga Agnis Nomica tidak membalas SMS-nya malam itu, sehingga Jo langsung mengambil kesimpulan Agnis membencinya, Agnis muak padanya. Agnis menolaknya. Padahal tentu saja kenyataannya tidak begitu. Karena sayang sekali Agnis sedang kehabisan pulsa saat itu, sehingga tidak dia balas sms dari Jo, seandainya Jo tahu itu. Tapi Jo lebay, Jo terlalu berlebihan dengan perasaannya ke Agnis. Jo terlalu orangnya yang sensitif dan melow, jadinya ya itu, Jo salah paham oleh perasaannya sendiri.

Lalu dalam rangka melebih-lebihkan perasaannya, Jo sengaja mengurung diri di dalam kamarnya. Dengan begini pikir Jo semoga orang-orang yang menjelek-jelekkannya di depan Agnis menjadi sadar dan meminta maaf padanya. Tapi tentu saja itu tidak ada yang menjelek-jelekkannya. Dan tentu saja gak bakalan ada yang sadar dan meminta maaf padanya. Lagi-lagi Jo hanya termakan perasaan kecewanya saja, jadinya Jo semakin mengada-ada. Jo aja yang merasa dilukai oleh cinta, di sia-siakan oleh cinta. Padahal kan itu cuma perasaannya saja.

“Jo, makan pagi!!” bentak emaknya. Jo diam saja. Dia kan sedang kecewa, dan mau nunjukkin ke semua orang bahwa dia sedang kecewa. Sehingga mudah-mudahan semua orang jadi kuatir dan bersimpati padanya. Sehingga mudah-mudahan Agnis nanti juga jadi kuatir dan mau menerima hatinya yang cenat-cenut kalau ketemu Agnis.

“Jo, makan!!” emaknya menjerit lagi dari ruang makan di lantai 3. Dan terdengar jelas ke kamar jo yang di lantai 1. Karena Emak Jo memakai microfon buat karaoke-an untuk manggil Jo dan anggota keluarga yang lain. Yah, maklumlah, dalam cerita ini Jo adalah keluarga yang kelewat kaya raya.

“Jo?!” panggil si-Emaknya yang ternyata sudah di depan pintu kamar tidur jo yang berukuran 2x2 meter. Emak mengetuk berkali-kali pintu kamar Jo yang terbuat dari Marmer mahal buatan negeri Turki.

“Gak mau!! Mamak, gak ngerti perasaan Jo! Biarkan Jo sendiri!!”

“Gak mau apaan? Ngerti perasaan apanya?” Emaknya jadi bingung sendiri.

“Mamak jangan pura-pura nggak ngerti!! Jo benci dengan semua kemunafikan ini!! biarkan Jo memendam rasa ini sendiri!!”

“Ngomong apaan seeh?!” Emaknya tambah bingung.

“Emak, cuma mau bilang, ntar jangan lupa cuci piring dan bersihin 7 WC di lantai 1” lanjut si-emak dan langsung ninggalin kamar Jo. Si-emak gak terlalu ambil pusing omongan Jo.

“Jangan lupa shalat Dhuhanya!!” sayup terdengar teriakan Emak dari ujung lorong rumah.

Jo diam. Dia jadi benci…benci…benci!! “Kenapa sih gak ada yang ngerti perasaan Jo?! Kenapa sih semuanya egois dan gak mau peduli sama perasaan Jo?! Apa jangan-jangan Jo anak di pungut, eaa?!” gumamnya dalam hati.

Akhirnya 3 malam 3 hari Jo cuma di dalam kamar dan tidak dipeduliin sedikitpun oleh Keluarganya, apalagi Agnis. Agnis malah nggak tahu apapun, Agnis sibuk dengan kegiatan-kegiatan da’wah di kampusnya. Agnis sibuk dengan hafalan Qur’annya. Agnis sibuk ngajar ngaji anak-anak SMU di dekat rumahnya. Agnis sibuk ngerjain tugas-tugas di kampusnya. Kan udah dibilang tadi, bahwa Agnis gak tau apapun tentang Jo, dan Agnis hanya tenggelam dalam aktifitasnya sehari-hari.

Jo tambah kecewa, skenario Jo berjalan sia-sia tanpa hasil. Dan si-Emak memang sengaja tak ambil peduli sedikit pun jika Jo gak keluar-keluar dari kamarnya. Lha, Emak aja sudah tahu, setiap jadwal makan Jo memesan makanan macam-macam dari restoran dan dimasukkan melalui jendela kamar Jo. Emak tau itu, karena ketika pesanan itu datang ke rumah Emak-lah yang membuka pintu pagar dan menunjukkan yang mana jendela kamar Jo. Pantesan Jo sering bingung, kenapa yang dia pesan 3 potong ayam penyet tapi kok setiba di jendela cuma sisa 1 potong. Yah, namanya juga kesempatan, si-Emak harus ngecek makanan tersebut layak di makan atau nggak. Tapi Jo gak mikirin masalah remeh begitu, yang dia pikirin Agnis saja.

Merasa skenarionya tadi gagal, Jo menjadi ingin bikin skenario lain, Jo ingin kabur. Dia mau meninggalkan kota ini. Dia mau kabur ke luar negeri, ke Paris, Jo gak peduli jika semua nanti bersedih jika telah kehilangan Jo. Jo mau kabur biar perasaannya ke Agnis juga bisa hilang, bisa berubah, sehingga Jo bisa tentram dalam hidupnya. Mudah-mudahan ada yang nanti di luar negeri mengerti perasaan Jo. Perasaan Jo ke Agnis. Sehingga ada nanti yang bisa jadi tempat Jo curhat gitu. Disini tidak ada yang ngerti Jo, padahal Jo sungguh dalam bingung, mengapa dia tak bisa melepaskan bayangan Agnis dari pikirannya. Mengapa cinta begitu menjadi menyengsarakan, pikir Jo. Agnis, gadis berjilbab lebar yang berakhlak mulia itu membuat hati Jo gimana gitu…

## Bersambung, hehe2…

Note: Cerpen Pesanan Jojo…haha2. Utk bikin senyum2 aja-lah ya…


Affif/23 Januari 2012
Lagi di Meulaboh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar