Minggu, 10 April 2011

Tips Menjadi Lelaki Tidak Bahagia Super...

Menarik saya melihat banyak hal yang menarik sewaktu itu saya bikin diri jalan-jalan ke toko buku sambil saya bikin istri juga ikut. Ada hal yang membikin saya tersenyum seperti biasanya, manis. Hehe. Itulah itu karena mata anugerah Allah saya ini melihat begitu banyak judul buku, judul buku yang membuat saya senyum-senyum berpikir-pikir macam-macam seolah-olah saya telah menjadi seorang pemikir yang suka berpikir, padahal tidak. Yaitu yang bikin saya senyum itu bahwa banyak sekali buku yang judulnya menawarkan “kebahagiaan” kepada para pembacanya. Judulnya-pun beragam, ada yang sederhana, yang norak, yang bertabur-tabur, yang super, dan lain-lain, macam pelangi begitulah jadinya. Oh bagusnya.

Menarik juga lagi saya ketika mereka bikin menawarkan beragam cara dengan judul yang lucu dan unik untuk mendapatkan ‘kebahagiaan’ itu. Banyak judul ini-itu misalnya yang mirip begini; “Cara Super untuk Bahagia”, “Bahagia dalam 1 jam”, “Menjadi suami bahagia”, “Bahagia dengan gaji kecil”, “Bahagia Dashyat dimasa Muda”, “Jalan Mudah menuju Kebahagian dan sukses sebagai pengusaha” dan lain-lain yang banyak sekali itu. Semuanya menjual ‘Kebahagiaan’. Sehingga apa? Sehingga saya tersenyum bahagia begini “hehehe”. Oh iya, tak lupa mereka itu mendesain sampul alias cover buku yang sangat memikat hingga ke sanubari hati para pembacanya. Oh bagusnya.

Sehingga oleh karena itu saya coba-coba diri bikin coretan tandingan yang jauh tiada bermutu ini. Hehe. Coretan yang semoga saja tidak bermanfaat bagi yang tidak mau ambil manfaat. Sengaja ditulis dengan kata-kata motivasi yang tidak super untuk kalian yang seolah-olah ingin menjadi pribadi super yang entahlah bagaimana itu bentuknya. Yang membuat kalian menjadi jarang untuk tersenyum bercengkrama bersama keluarga dirumah oleh karena sibuk mencari ‘sesuatu’ biar nanti dinilai super oleh umat manusia di dunia. Mengejar ‘sesuatu’ sehingga ecek-eceknya dipandang sebagai orang terpandang karena pribadi yang sudah menjadi super. Oh seolah-olah menjadi ‘pribadi super’ yang ‘wah’ itu lebih penting daripada memijit punggung dan kaki ibunda di rumah. Ow ow ow sesungguhnya kasihan mereka yang tertipu dengan orang yang rapi ber-jas menawan dengan omongan segede langit tapi tanpa mengetahui kualitas akhlaknya pada Tuhan, pada ibundanya dan manusia. Oh mudah-mudahan saya masih selalu tidak mau patuh pada orang yang saya ketahui shalat shubuh berjamaahnya tidak jelas, apalagi sampai kiranya saya mau mempercayakan atau mendengar takzim tentang cita-cita hidup pada mereka-mereka itu. Oh entahlah, hanya Allah yang Maha Mengetahui segala urusan.

Oh sepertinya kita sudah saya bikin tersesat dari topik karena bicara ini itu, tapi biar-lah, toh saya yang tukang coret sehingga kalian janganlah banyak protes, diam sajalah. Hehe.

Maka marilah segera kita saksikan, inilah motivasi pribadi super Tips-Tips Untuk Menjadi Lelaki Tidak Bahagia dimanapun dan kapanpun Anda berada. Cekidot...Cekjidat…cek-ini-itu… *hei..hei..apa-apaan ini, heh?! Hehe.





href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-9LnHXuc343gS_RnmNsgL9pzuSdRaVZQ4vxy5dq1EG-uwal6JZbA1n1Ul3_fx58cydP8gi7pOiexyUo7vpsvY87RYYBfgwBXmmZ6SJXKOwB6luYWpmOX8ZgT9h0bu09YjAWK5eil5HTY4/s1600/1.jpg">



Beberapa poin yang harus Anda pahami jika ingin kebahagiaan tidak datang adalah sebagai berikut, antara lain, yaitu:

1. Jadikanlah diri Anda orang yang paling tidak bersyukur. Lihatlah kelebihan-kelebihan orang lain terutama pada hal-hal yang tidak begitu penting. Perhatikan mengapa dia ada mobil dan Anda tidak, perhatikan pakaiannya, kagumilah rumahnya dan cacilah rumah Anda sendiri. Mulailah perbanyak mengeluh dan mengeluh, sehingga Anda mengeluh pada setiap waktu, setiap tempat dan pada semua orang. Hidupkanlah karakter mengeluh dalam diri Anda sekuat mungkin. Latihlah dengan mengeluh pada hal-hal kecil terlebih dahulu dan biasakanlah dalam kehidupan Anda sehari-hari. Insya Allah Anda akan lupa bersyukur dengan apa yang ada, sehingga rasa tidak bahagiapun datang dengan menawan. Wow, inilah tips pertama yang amazing sekali dari saya, bukan?.

2. Tumbuhkan dan peliharalah iri-dengki kepada saudara, tetangga dan teman. Dengkilah melihat kebahagiaan saudara se-iman, kawan satu kost atau kawan se-kampus atau yang lainnya. Usahakanlah agar hati melahirkan rasa benci dan muak ketika melihat saudara atau kawan sendiri mendapatkan kebahagiaan atau kesenangan.

Bersikaplah ketus, sensitif dan acuh tak acuhlah pada mereka yang mungkin diberi sedikit rejeki oleh Allah, usahakanlah agar Anda bisa benci hingga ke ubun-ubun kepala. Ingat-ingat dan hafal-lah pepatah, “rumput tetangga selalu lebih hijau”. Ulang-ulang pepatah itu minimal 100 kali sehari dan rasakanlah sensasi iri-dengki yang masuk ke setiap aliran pembulu darah dan membuat Anda tidak bisa tidur tidak bahagia karena terus-menerus memikirkan nikmat yang ada pada orang lain.

Note: lebih bagus lagi jika anda sampai memutuskan ukhuwah, sehingga insya Allah Anda akan tidak bahagia total…

3. Jangan sekali-kali peduli apalagi sampai menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Perbanyak konsumsi obat-obat berbahaya seperti narkoba atau sejenisnya selagi umur masih muda, termasuk yang paling sederhana mohon perbanyaklah merokok, terutama pake ganja, dimana saja dan kapan saja. Lakukanlah perbuatan itu terus menerus hingga tubuh Anda hancur, kurus, mata ceking, pikiran semakin uringan, hingga paru-paru anda bocor disana-sini, lakukanlah dengan super dan bersemangat saudaraku, bersemangatlah!.

Tips ini termasuk sangat manjur dan telah digunakan ratusan tahun oleh para pendahulu pencari ketidakbahagiaan di dunia dan akhirat. Insya Allah ketika tubuh sudah terbaring mau KO di rumah sakit maka Anda akan merasakan ketidakbahagiaan serta penyesalan yang luar biasa super. Bersemangatlah mencoba poin ke-tiga ini..!!

4. Hindari bersedekah dan saling berbagi, menjadi pelit is the best way. Bersedekah dan berbagi hanya akan mengurangi harta alias pundi-pundi rupiah Anda, maka perbuatan ini sangat harus dihindari. Biarlah orang lain yang menyisakan hartanya untuk orang lain yang membutuhkan, sedangkan kamu cukup jadi penonton saja. Kalau perlu kamu juga turut aktif mengambil bahkan meminta-minta harta yang disedekahkan oleh orang lain itu. Niscaya jika poin keempat ini Anda kerjakan dengan teratur maka hati Anda dijamin akan semakin tak terpuaskan oleh harta dan Anda akan menjadi semakin tidak tentram dalam hidup, jelas ini akan memuluskan perjalanan hidup Anda ke jalan ketidakbahagiaan. Ingat pesan Nabi bahwa manusia ini jika diberi segunung emas dia tetap tidak akan puas hingga mulutnya di sumpal dengan tanah. Selamat berusaha tidak bahagia rekan-rekan super sekalian!!

5. Ukurlah segala sesuatu itu dengan materi. Kesuksesan adalah uang banyak dan kebahagiaan adalah mobil ini-itu atau rumah sebesar ini-itu. InsyaAllah dengan begitu akan timbul ketidakpuasan dalam diri atas kondisi diri sendiri. Selanjutnya hal ini akan semakin menguatkan angan-angan Anda dan melupakan Anda pada syukur dengan apa yang ada pada Anda saat ini. Angan-angan ini akan membuat anda terus-terus menerus berpikir benda ini-itu, terus berpikir keras dengan apa-apa yang belum ada, terus mengejar-ngejar dengan bernafsu sesuatu yang jauh semacam anjing mengejar tulang dan meninggalkan/melupakan apa yang dekat. Insya Allah karakter rakus anda akan terbentuk kuat dan semakin membuat anda haus dan bingung dengan kebahagiaan sehingga anda akan menjadi pribadi yang tidak bahagia super. Mantraapp!!

6. Carilah pujian sanjungan. Buatlah diri Anda seolah-olah orang yang pantas untuk disanjung meski sebenarnya tidak. Jika ada yang tidak memuji Anda maka tegurlah mereka dengan sopan santun dan ajarkanlah dengan sabar kepada mereka-mereka cara memuji Anda. Pamerkanlah semua prestasi ini-itu Anda pada masyarakat sehingga masyarakat Anda bikin terkagum-kagum dan memuji-muji Anda.

Tapi jika berhadapan dengan orang yang lebih tinggi dari Anda maka pandai-pandailah menjilat agar Anda juga disanjungnya. Nah, insya Allah amalan ini akan membuat Anda semakin gila puji dan sanjung sehingga Anda tidak nyaman tidur jika belum ada yang memuji setiap hari. Sehingga apa? Sehingga Anda tiap hari bisa sibuk mengumpulkan ini-itu, pamer ini-itu agar dapat jatah stok puji-sanjung setiap hari. Oh sungguh hal ini akan membuat Anda semakin tidak bahagia. Insya Allah oh.

Ehem, mungkin itulah yang sempat terpikir oleh saya sang Motivator ‘Ketidakbahagiaan’ super ini, semoga membuat Anda semakin bergairah untuk tidak bahagia hidup di dunia yang sekejap ini. Selamat mencoba…hehe. Salam Minyak Goreng Bimoli Super!!.

(Dikutip dari kitab yang tidak kuno, tidak terkenal dan memang tidak dikenal berjudul “Ar-Risalah Lelaki: Sebuah perjalanan tidak rohani” karangan saya yang belum terbit karena memang belum terbit dan entah kapan terbit karena saya belum punya alasan untuk bikin kitab ini terbit kecuali karena kuatir menjadi best seller jika dia terbit. Demikian.)



Affif Herman bin Herman Hanif bin Hanifuddin Ali bin Teuku Muhammad Ali bin Teuku Muhammad Din bin Teuku Loen bin Teuku Lampou-u bin Teuku Bentara Balee bin Teuku Bentara Sumbrang.

Gp. Pineung, Banda Aceh, 04 April 2011, di hari yang Allah bikin sore sehingga bagus sekali langit saat ini, ah seandainya kalian sedang bersamaku disini melihatnya…

4 komentar:

  1. Affif, kapan mua jumpa, tadi saya bawa anak-anak baru detak ke kerkoff...

    tulisan diatas banyak sekali yang harus direvisi (maaf yah)

    BalasHapus
  2. Gak sabar saya nunggu terbitnya..^^

    BalasHapus
  3. bg martha: iya bang, aku nunggu info dari abg jg...=). tapi skrg lagi di meulaboh ini...

    hahaha tulisan diatas klo mau di EYD-in memang hrs diedit semua bg...sbnarnya saya senang saja mnulis tnpa EYD gitu hehehe....gak apa bang, memang harus dikritik tulisan2 kami ini utk perbaikan kedepan...thanks bg ya...=))

    BalasHapus
  4. fahri sadah; hahaha2x..jangan..jangan..ntar kalian bisa terlalaikan dgn kitab tidak kuno ini...hehe2

    BalasHapus