Kamis, 19 Mei 2011

Sebab Utama Sifat Penakut



Penyebab yang pertama adalah: terhapusnya keyakinan Tauhid.
Apabila dalam hati kita sudah terhapus keyakinan terhadap ke-esaan Allah yang telah diajarkan oleh Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, niscaya hal itu akan menimbulkan suatu perasaan takut kepada manusia dan tidak lagi takut kepada Allah, sehingga dikarenakan hal tersebut seseorang menjadi pengecut dan suka menjilat demi kepentingan sendiri, jabatan dan kedudukannya.

Kedua: Lemahnya keyakinan bahwa Allah-lah Sang Pencipta dan Pemberi rizki.
Sebagaimana telah kita ketahui bahwa sebagian orang ada yang berkeyakinan bahwa yang menciptakan dan member rizki adalah Allah. Meskipun mereka tidak mengatakan hal itu secara langsung, akan tetapi tingkah laku dan perbuatan mereka itulah yang menunjukkan keyakinan mereka itu.

Ketiga: melupakan bahwasanya ajal itu telah ditentukan waktunya oleh Allah tidak bisa dimajukan ataupun dimundurkan.

Keempat: Keyakinan bahwa manusia bisa saja menghasilkan suatu manfaat ataupun mudharat tanpa seizin Allah. Sebagian orang ada yang mengatakan,”Aku takut dia akan mencelakakan aku”. Dan ia tidak mengetahui bahwa kewajibannya sebagai seorang hamba adalah bertawakkal kepada Allah, senantiasa bertakwa, dan meyakini bahwa tiada yang dapat menghasilkan suatu manfaat atau mudharat melainkan hanya Allah semata.


Syaikh ‘Aidh Al Qarni di buku terjemahannya “Berjuang Tak Pernah Lelah”

1 komentar: